Ingria Pratama Capitalindo

Saat membeli rumah, ada banyak hal yang harus diperhatikan, salah satunya terkait kualitas. Begitu pula ketika Anda membeli rumah subsidi. Jangan sampai Anda sudah beli rumah dengan harga terjangkau, tapi setelah dihuni malah banyak kerusakan. Alhasil Anda harus keluar uang lebih untuk memperbaikinya. Itulah pentingnya mengecek kualitas rumah subsidi.

Terkadang, harga yang lebih terjangkau memang membuat masyarakat khawatir akan kualitas bangunan yang dibangun. Namun, sebenarnya kualitas rumah subsidi yang dibangun oleh pemerintah dan pengembang cukup baik dan memenuhi standar yang telah ditetapkan.

Meski begitu, tak ada salahnya Anda tetap memastikannya. Bagaimana caranya? Simak tips di bawah ini.

Cara Mengecek Kualitas Rumah Subsidi

Memilih rumah subsidi memang bisa dibilang susah-susah gampang. Pasalnya, calon pembeli harus lebih teliti dan cermat dengan banyaknya pilihan yang ada. Jika sampai salah pilih, tentu pembeli sendiri yang akan merugi.

Nah, agar hal tersebut tidak terjadi pada Anda, Ingria Group punya tipsnya berikut:

1. Lihat Contoh Rumah

Biasanya, sebelum membeli rumah, Anda akan diberi beragam contoh pilihan rumah yang tersedia. Anda bisa melihat-lihat terlebih dulu sebelum menentukan pilihan. Tanyakan juga pada pengembang mengenai kondisi rumah tersebut.

2. Tanyakan Kualitas Bangunan

Tak sedikit orang meragukan kualitas bangunan rumah bersubsidi. Padahal, tidak semua rumah subsidi kualitasnya buruk. Guna mematahkan stigma tersebut, jangan ragu untuk bertanya secara langsung kepada pengembang. Hal ini penting agar Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk renovasi rumah.

Bila ternyata kualitas rumah yang ditawarkan meragukan, Anda bisa beralih ke rumah subsidi lainnya.

3. Lihat Secara Langsung Lokasi Rumahnya

Tips mengecek kualitas rumah subsidi berikutnya adalah memeriksa lokasi rumah secara langsung. Ini sangat penting terlebih jika Anda ingin tinggal di daerah yang strategis, akses ke mana pun mudah, fasilitas lengkap, lingkungan aman, serta tidak menjadi langganan banjir.

4. Cek Kondisi Air

Biasanya, setelah berdiri rumah subsidi tidak langsung mendapat aliran air dan listrik. Jadi, Anda harus memastikan pihak pengembang menyediakan fasilitas tersebut agar setelah ditinggali Anda tidak kesulitan mendapat air.

5. Cek Juga Sistem Pembuangannya

Tips yang juga penting adalah sebaiknya jangan lupa mengecek sistem pembuangan. Sebab, sanitasi adalah salah satu poin terpenting dalam sebuah rumah. Pastikan septic tank dibuat paling tidak 1,5 meter ke bangunan dan jaraknya dari sumur pompa air bersih minimal 10 meter. Hal tersebut bertujuan agar bakteri yang ada dalam septic tank tidak bocor ke air di perumahan.

6. Cari Tahu Track Record Pengembang

Dalam memastikan kualitas rumah subsidi yang akan dibeli, sebaiknya Anda tidak hanya mengecek bangunannya saja, melainkan juga rekam jejak atau track record pengembang. Ini penting dilakukan agar Anda terhindar dari penipuan yang kerap terjadi.

7. Perhatikan Metode Pembayaran

Tips terakhir, perhatikan metode pembayarannya. Untuk ini Anda bisa tanya langsung ke pihak developer. Tapi, secara umum metode pembayaran rumah bersubsidi adalah menggunakan Kredit Pemilikan Rumah Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (KPR FLPP).

Demikian penjelasan lengkap mengenai tips memastikan kualitas rumah subsidi yang akan dibeli. 

Bingung di mana cari rumah subsidi yang terpercaya? Yuk beli perumahan subsidi terbaik dari developer terpercaya di Ingria Group. Sejak tahun 2013, Ingria Group sudah berpengalaman mengerjakan proyek perumahan subsidi sehingga Anda tak perlu lagi meragukannya. Gapai impian Anda memiliki hunian terbaik dan terjangkau bersama Ingria Group!