Ingria Pratama Capitalindo

Harga rumah subsidi merupakan salah satu topik yang selalu banyak dicari oleh masyarakat Indonesia. Terutama bagi mereka yang ingin memiliki hunian sendiri namun dengan budget terbatas.

Seiring dengan semakin mahalnya harga properti, pemerintah Indonesia telah menyediakan program subsidi untuk membantu masyarakat yang memiliki penghasilan menengah ke bawah agar dapat memiliki rumah sendiri.

Namun, masih banyak masyarakat yang belum sepenuhnya memahami tentang program ini. Oleh karena itu, dalam artikel berikut akan dibahas secara mendalam mengenai apa itu rumah subsidi, keuntungan, hingga harganya.

Apa Itu Rumah Subsidi?

Rumah subsidi adalah rumah yang dibangun untuk membantu masyarakat dengan penghasilan rendah agar memiliki hunian yang layak dengan harga lebih terjangkau dari harga pasar.

Rumah subsidi memiliki beberapa perbedaan dengan rumah pada umumnya, mulai dari spesifikasi rumah, harga, hingga tenor dan besar cicilan yang jadi tanggung jawab Anda.

Selain itu, dikutip dari laman Direktorat Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Kementerian PUPR, rumah subsidi dapat diperoleh melalui skema KPR atau Kredit Pemilikan Rumah, baik secara konvensional maupun skema syariah.

Untuk dapat membeli rumah subsidi, calon pembeli harus memenuhi beberapa persyaratan tertentu, seperti memiliki penghasilan yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan belum memiliki rumah sendiri.

Keuntungan Rumah Subsidi

Di atas sudah disinggung mengenai salah satu keuntungan membeli rumah subsidi, yaitu harganya lebih terjangkau dibanding rumah non subsidi. Adapun keuntungan lainnya di antaranya:

1. Uang Muka Lebih Murah

Dikarenakan program ini ditujukan bagi masyarakat berpenghasilan rendah, maka uang muka atau DP nya tentu akan lebih terjangkau. Terlebih bila Anda menggunakan program KPR.

2. Harga Rumah Lebih Murah

Harga rumah subsidi yang dikenal murah membuat Anda tak perlu khawatir dengan pembayaran cicilannya. Sebagai contoh, harga perumahan subsidi di daerah Tangerang adalah Rp150 juta. Anda mengambil tenor selama 10 tahun. Maka, kewajiban cicilan yang harus Anda bayarkan hanya Rp15 juta per tahun atau Rp1,25 juta per bulan.

3. Masa Tenor yang Panjang

Keuntungan lainnya dari rumah subsidi yaitu memiliki masa tenor yang panjang. Yup, Anda bisa memilih jangka waktu pinjaman atau masa tenor paling lama 20 tahun. Ini juga ditambah dengan pengenaan bunga tetap atau fixed rate sehingga besar cicilan Anda per bulan tidak akan naik alias tetap.

4. Rumah Siap Huni

Bagi Anda yang tidak ingin pusing memikirkan biaya membangun rumah dari 0, rumah subsidi bisa jadi pilihan terbaik. Sebab, pemerintah sudah memastikan bahwa perumahan subsidi yang dijual tidak ada yang inden, alias semuanya sudah siap huni.

Calon pembeli pun bisa datang langsung ke lokasi guna mengecek seperti apa kondisi rumah dan fasilitasnya untuk memastikan bahwa rumahnya dibangun dalam perumahan subsidi dengan kualitas baik.

Harga Rumah Subsidi di Indonesia

Jika Anda berencana membeli rumah subsidi, sebaiknya Anda melakukan riset terlebih dulu mengenai harganya. Berikut daftar harga rumah subsidi di Indonesia sesuai wilayahnya menurut Keputusan Menteri PUPR No.242/KPTS/M/2020.

  • Pulau Jawa (kecuali Jabodetabek): Rp150.500.000
  • Jabodetabek: Rp168.000.000
  • Pulau Sumatra (kecuali Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Kepulauan Mentawai): Rp150.500.000
  • Sulawesi, Bangka Belitung, Kepulauan Mentawai, Kepulauan Riau (kecuali Kepulauan Anambas): Rp156.500.000
  • Kalimantan (kecuali Kabupaten Murung Raya dan Kabupaten Mahakam Ulu): Rp164.500.000
  • Maluku, Maluku Utara, Bali, Nusa Tenggara, Kepulauan Anambas, Kabupaten Murung Raya, Kabupaten Mahakam Ulu: Rp168.000.000
  • Papua dan Papua Barat: Rp219.000.000

Itulah informasi lengkap seputar apa itu rumah subsidi, keuntungan, hingga harganya sesuai wilayah. Pastikan Anda membeli perumahan subsidi terbaik dari developer yang terpercaya seperti Ingria Group. Sejak tahun 2013, Ingria Group sudah berpengalaman mengerjakan proyek perumahan subsidi dengan kualitas terbaik sehingga Anda tak perlu lagi meragukannya. Yuk capai impian Anda memiliki rumah bersama Ingria Group!