Ingria Pratama Capitalindo

Batu bata menjadi salah satu bahan baku utama dalam proses pembangunan maupun renovasi rumah. Tahukah Anda bahwa saat ini bata ringan lebih banyak dipilih oleh para developer ketimbang bata merah?

Jika Anda berencana membangun atau merenovasi rumah, ada baiknya Anda menyimak kelebihan dan kekurangan bata ringan di bawah ini.

Kelebihan Bata Ringan

Memiliki Daya Tahan yang Hampir Setara Beton 

Rumah selalu dibangun dengan orientasi jangka panjang. Oleh karena itu sangat penting untuk memastikan bahan baku yang dipilih memiliki daya tahan yang baik. Hal tersebut akan membuat rumah secara keseluruhan tahan terhadap kerusakan yang disebabkan oleh faktor eksternal maupun internal. 

Bata ringan mampu menjadi jawaban dari kebutuhan tersebut. Jenis bata yang satu ini bahkan diklaim memiliki ketahanan yang setara beton. 

Insulator yang Baik 

Bahan bangunan turut menentukan hawa di dalam rumah. Untuk menciptakan rumah yang terasa sejuk, diperlukan bahan bangunan yang dapat menjadi insulator atau pengurai hawa panas. 

Bata ringan adalah insulator yang baik karena pori-pori pada permukaan bata ringan mampu menahan panas dari luar agar tidak masuk ke dalam ruangan. Hasilnya, rumah terasa tetap sejuk sekalipun hawa di luar sedang terik. 

Lebih Hemat Biaya 

Membangun atau merenovasi rumah dengan menggunakan bata ringan ternyata mampu membuat Anda menghemat biaya. Hal tersebut dapat terjadi karena kamu bisa menghemat biaya untuk plester hingga 50% mengingat proses finishing untuk bata jenis ini yang lbeih murah. 

Selain itu, proses pemasangan bata ringan juga lebih mudah. Anda jadi bisa menghemat pengeluaran untuk membayar tukang harian. 

Kekurangan Bata Ringan

Beberapa kekurangan bata ringan adalah:

Harga Satuan Lebih Mahal 

Jika Anda membandingkan harga satuan bata merah dengan bata ringan, Anda akan menemukan bahwa bata merah memang lebih murah. Namun seperti penjelasan sebelumnya, jika sudah dikalkulasikan dengan biaya finishing, tukang, dan lain-lain, bata ringan ternyata bisa lebih murah. 

Lebih Lama Kering

Sebelum menambal bata jenis apapun dengan plester, Anda harus memastikan bata tersebut benar-benar kering. Memaksakan diri untuk menambal bata yang masih basah akan menimbulkan bercak putih atau kekuningan pada hasil plester.

Sayangnya, jika pada saat pemasangan bata ringan terkena air maka ia akan memerlukan waktu lebih lama untuk kering. Anda perlu sedikit lebih sabar untuk memastikan tidak ada gangguan pada hasil plester nantinya. 

Membangun Rumah Menggunakan Bata Ringan 

Setelah memperhatikan kelebihan dan kekurangan di atas, membangun rumah menggunakan bata ringan adalah sesuatu yang sangat direkomendasikan. Begitu pun jika Anda ingin membeli rumah yang sudah jadi dari tangan developer. Pastikan developer tersebut menggunakan bahan-bahan berkualitas. 

Ingria Group sebagai salah satu developer rumah subsidi dan komersil adalah salah satu yang sangan concern dengan hal ini. Semua perumahan subsidi maupun komersil dibangun dengan bahan yang kokoh. 

Tak hanya itu, Ingria juga senantia memperhatikan prospek lokasi di masa depan dan akses transportasi untuk setiap perumahan yang mereka miliki. Jangan ragu untuk meminta semua penjelasan yang Anda butuhkan pada saat survey agar Anda yakin untuk membeli rumah yang berkualitas dengan orientasi jangka panjang!

Baca Artikel Lainnya