Ingria Pratama Capitalindo

Jendela kaca yang bersih dan jernih adalah impian setiap pemilik rumah. Selain memberikan tampilan yang indah, jendela yang bersih juga memungkinkan sinar matahari masuk dengan baik ke dalam rumah. Namun, cara  membersihkan jendela kaca seringkali dianggap sebagai tugas yang sulit dan melelahkan. Tidak perlu khawatir! 

Dalam artikel ini, kami akan membagikan beberapa cara sederhana dan efektif untuk membersihkan jendela kaca Anda. Simak tips berikut ini.

Cara Membersihkan Jendela Kaca

Siapkan Peralatan

Sebelum memulai membersihkan jendela kaca, pastikan Anda telah menyiapkan peralatan yang diperlukan. Beberapa peralatan yang diperlukan adalah

  • kain lap bersih
  • spons
  • ember berisi air hangat
  • sabun cuci piring yang lembut
  • Kanebo

Saat membersihkan jendela Anda juga sebaiknya menggunakan sarung tangan untuk menjaga tangan dari kotoran berlebih dan kemungkinan cedera.

Bersihkan Debu dan Kotoran Kasar 

Langkah pertama adalah membersihkan debu dan kotoran kasar pada jendela kaca. Anda dapat menggunakan sikat atau kuas untuk membersihkan kotoran yang menempel pada sela-sela jendela. 

Pastikan Anda menggunakan sikat atau kuas yang berbahan lembut agar tidak merusak permukaan jendela. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan penyedot debu atau kuas berserat halus untuk menghilangkan debu dari permukaan jendela.

Gunakan Campuran Air Sabun 

Setelah membersihkan debu, cara membersihkan jendela kaca selanjutnya adalah menggunakan campuran air sabun untuk membersihkan permukaan kaca. Campurkan beberapa tetes sabun cuci piring yang lembut ke dalam air hangat di dalam ember. Celupkan spons ke dalam campuran tersebut dan peras hingga spons lembap. Kemudian, lap permukaan kaca dengan spons secara perlahan dan merata. Pastikan seluruh permukaan kaca terlapisi dengan campuran air sabun.

Pada tahap ini, Anda bisa menggunakan cairan khusus pembersih jendela atau sabun cuci piring. Akan lebih baik lagi jika Anda memilih produk yang ramah lingkungan. 

Bilas dengan Air Bersih 

Setelah Anda selesai membersihkan kaca dengan campuran air sabun, bilas jendela menggunakan air bersih. Gunakan ember berisi air bersih dan kain lap bersih untuk membersihkan sisa-sisa sabun yang mungkin tertinggal pada kaca. 

Pastikan untuk membilas dengan baik dan menghilangkan semua sabun agar tidak meninggalkan noda pada jendela. Bila perlu, ulang proses pembilasan sampai beberapa kali sebab jika kurang bersih sisa sabun bisa merusak permukaan jendela kaca. 

Keringkan dengan Kanebo 

Langkah terakhir adalah mengeringkan jendela menggunakan karet pengering. Karet pengering akan membantu menghilangkan sisa air dan meninggalkan permukaan kaca yang bening dan mengkilap. Gesekkan karet pengering secara perlahan dan pastikan untuk mengeringkan seluruh permukaan kaca. Jika diperlukan, gunakan kain lap bersih untuk mengelap sisa-sisa air yang mungkin masih tersisa.

Sangat penting untuk selalu memperhatikan kebersihan jendela kaca. Untuk menjaga jendela tetap bersih dan jernih, penting untuk membersihkannya secara berkala minimal dua kali setahun atau lebih sering jika jendela Anda terpapar debu atau kotoran yang lebih banyak. 

Dengan membersihkan jendela secara teratur, Anda dapat menjaga keindahan dan kejernihan jendela kaca dalam jangka panjang. Semantara dengan mengikuti langkah-langkah cara membersihkan jendela kaca di atas, Anda dapat membersihkan jendela kaca dengan mudah dan efektif. Ingatlah untuk melindungi diri Anda dengan menggunakan sarung tangan karet dan menghindari penggunaan bahan kimia yang keras yang dapat merusak kaca. Dengan jendela kaca yang bersih dan cerah, rumah Anda akan terlihat lebih indah dan nyaman. 

Selamat mencoba!

Baca Artikel Lainnya