Ingria Pratama Capitalindo

Kamar merupakan tempat yang penting dalam sebuah rumah, termasuk rumah subsidi. Namun, seringkali kamar-kamar di rumah subsidi memiliki ukuran yang terbatas dan desain yang kurang memadai. Berikut adalah beberapa tips renovasi kamar rumah subsidi agar dapat menciptakan ruang yang nyaman dan fungsional.

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa merenovasi setiap bagian rumah subsidi diperbolehkan jika cicilannya sudah masuk ke tahun ke-5. Jika belum sampai tahun ke-5, renovasi yang diperbolehkan hanya menambahkan pagar depan dapur. 

Tips Renovasi Kamar Rumah Subsidi

  1. Perencanaan yang Matang: Sebelum memulai renovasi, perencanaan yang matang sangat penting. Tentukan tujuan utama Anda dalam merenovasi kamar, seperti meningkatkan fungsionalitas atau memperluas ruang. Buatlah daftar prioritas dan pertimbangkan anggaran yang tersedia agar dapat memilih material dan solusi yang sesuai.
  1. Pemanfaatan Ruang Vertikal: Dalam kamar dengan ukuran terbatas, manfaatkan ruang vertikal untuk menyimpan barang. Pasang rak dinding atau lemari gantung untuk menyimpan pakaian, buku, atau barang-barang kecil lainnya. Dengan demikian, Anda dapat memaksimalkan penggunaan ruang tanpa mengorbankan area lantai.
  1. Pencahayaan yang Optimal: Pencahayaan yang baik sangat penting untuk menciptakan kamar yang nyaman. Manfaatkan cahaya alami sebanyak mungkin dengan memperbesar jendela atau menambahkan jendela tambahan jika memungkinkan. Selain itu, tambahkan lampu tidur atau lampu meja yang memberikan pencahayaan yang lembut.
  1. Warna dan Kesan Luas: Pemilihan warna yang tepat dapat memberikan ilusi ruang yang lebih luas. Pilihlah warna cat dinding yang terang atau netral untuk menciptakan kesan lapang. Hindari menggunakan warna gelap yang dapat membuat kamar terlihat lebih sempit. Gunakan cermin besar untuk memantulkan cahaya dan menciptakan tampilan yang lebih terbuka.
  1. Penyimpanan yang Efisien: Memanfaatkan penyimpanan yang efisien sangat penting dalam kamar dengan ruang terbatas. Pilih furnitur yang memiliki ruang penyimpanan tersembunyi, seperti tempat tidur dengan laci di bawahnya atau meja rias dengan rak tambahan. Gunakan organizer atau kotak penyimpanan untuk mengatur barang-barang kecil agar tetap rapi dan teratur.
  1. Pilih Furnitur yang Sesuai: Pemilihan furnitur yang tepat adalah kunci dalam merenovasi kamar rumah subsidi. Pilihlah furnitur dengan ukuran yang sesuai dengan ruang yang ada. Hindari menggunakan furnitur yang terlalu besar atau rumit, karena hal tersebut dapat membuat kamar terasa sesak. Pilih furnitur yang multifungsi untuk mengoptimalkan penggunaan ruang.
  1. Sentuhan Dekorasi: Tambahkan sentuhan dekorasi yang personal untuk memberikan karakter pada kamar Anda. Gunakan bantal, karpet, atau gorden dengan motif atau warna yang menarik. Pasang lukisan atau foto di dinding untuk memberikan sentuhan pribadi. Namun, hindari terlalu banyak dekorasi yang bisa membuat kamar terasa berantakan.

Kesimpulan

Merenovasi kamar rumah subsidi dapat memberikan ruang yang nyaman dan fungsional. Dengan merencanakan dengan baik, memanfaatkan ruang secara efisien, dan memilih furnitur yang tepat, Anda dapat menciptakan kamar yang menyenangkan untuk beristirahat dan beraktivitas. Ingatlah untuk memperhatikan pencahayaan, warna, dan penyimpanan agar menciptakan ruang yang luas dan menyenangkan.

Jika Anda masih dalam proses pencarian rumah subsidi yang berkualitas namun tetap mengutamakan berkualitas, sebaiknya Anda menjatuhkan pilihan pada perumahan subsidi yang dikembangkan oleh Ingria Group. 

Ingria Group memiliki banyak pilihan perumahan di kawasan strategis seperti Bandung, Bekasi, Karang, hingga Makassar. Segera amankan unit untuk Anda yang tak hanya nyaman ditinggali, namun juga menjanjikan untuk investasi!

Baca Artikel Lainnya