Ingria Pratama Capitalindo

Rumah subsidi merupakan pilihan terjangkau bagi banyak keluarga di Indonesia. Namun, seringkali rumah-rumah subsidi memiliki tampilan depan yang kurang menarik dan tidak begitu memuaskan dari segi estetika. Anda mungkin bertanya-tanya bolehkah melakukan renovasi rumah subsidi bagian depan? 

Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah boleh jika pembayaran sudah berlangsung minimal 5 tahun. Jika kurang dari 5 tahun, renovasi yang boleh dilakukan hanya menambah pagar depan dan dapur. 

Artikel ini akan memberikan ide dan tips tentang renovasi rumah subsidi bagian depan agar tampil lebih menarik, memiliki daya tarik, dan membuat Anda semakin betah menghuninya. 

Pertimbangkan Anggaran Renovasi Rumah Subsidi Bagian Depan

Sebelum memulai proses renovasi, penting untuk menetapkan anggaran yang sesuai. Perencanaan anggaran yang baik akan membantu Anda mengelola pengeluaran dengan bijaksana dan memilih materi dan metode renovasi yang sesuai.

Desain Taman Minimalis

Pilihan pertama yang dapat membuat rumah subsidi Anda terlihat lebih menarik adalah dengan merancang taman minimalis di bagian depan. Buatlah taman kecil dengan tanaman hias yang mudah dirawatl. Jangan lupa untuk menyediakan area duduk yang nyaman agar Anda dapat menikmati waktu bersantai di depan rumah.Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menambah tanaman lain seperti pohon cabai atau jenis tanaman palawija lainnya. 

Mengganti Pintu Depan

Pintu depan adalah titik fokus pertama bagi setiap orang yang hendak memasuki rumah. Pertimbangkan untuk mengganti pintu depan yang lama dengan desain yang lebih modern. Pilihlah pintu yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi yang tahan terhadap cuaca ekstrem dan aman.

Saat ini pintu dengan teknologi smart lock juga banyak menjadi pilihan. Anda bisa menemukan berbagai piilihan pintu smart lock dengan pilihan harga yang juga cukup beragam di toko offline maupun online. 

Perbaiki Jendela dan Dinding

Perhatikan kondisi jendela dan dinding rumah bagian depan Anda. Tambahkan lapisan cat baru pada dinding untuk memberikan tampilan segar. Pilihlah warna yang cocok dengan gaya rumah Anda dan lingkungan sekitar.

Pencahayaan yang Menarik

Pencahayaan yang tepat dapat meningkatkan keindahan rumah Anda baik dilihat dari dalam maupun luar. Gunakan pencahayaan eksterior yang baik untuk menyorot bagian-bagian tertentu dari rumah Anda, seperti pintu depan atau taman. Lampu-lampu hias yang terpasang dengan baik akan memberikan sentuhan estetika yang menyenangkan.

Halaman yang Rapi

Pastikan halaman depan rumah Anda terlihat rapi dan terawat. Potong rumput secara teratur, bersihkan dari gulma, dan pastikan tidak ada sampah yang menumpuk. Jika memungkinkan, tambahkan elemen hardscape seperti jalan setapak atau batu alam untuk memberikan tampilan yang lebih menarik.

Kesimpulan

Renovasi rumah subsidi bagian depan tidak harus mahal atau rumit. Dengan mengikuti ide dan tips yang telah disebutkan di atas, Anda dapat memberikan tampilan yang menarik dan segar pada rumah subsidi Anda. Ingatlah untuk selalu mempertimbangkan anggaran dan melakukan perbaikan-perbaikan yang berguna terlebih dahulu. Dengan sedikit usaha, rumah subsidi Anda dapat menjadi tempat yang nyaman dan menawan.

Sementara untuk memastikan Anda mendapat rumah subsidi dengan kualitas bahan bangunan yang baik, pastikan Anda hanya membeli rumah subsidi dari developer yang memang sudah terpercaya seperti Ingria Group. Ingria group memiliki rumah subsidi Bandung, rumah subsidi Makassar, dan rumah subdisi di beberapa lokasi lain yang mungkin cocok dengan kebutuhan hunian murah berkualitas Anda.

Baca Artikel Lainnya