Ingria Pratama Capitalindo

Semua pasangan tentu berharap langsung bisa menempati rumah impian selepas menikah. Namun sayangnya tidak semua mampu melakukan hal tersebut, apalagi ketika harga rumah terus melambung seperti sekarang ini. 

Banyak pasangan muda memilih untuk mengontrak atau tetap tinggal bersama orang tua terlebih dahulu. Dengan harapan beberapa tahun mendatangkan akan mampu mengumpulkan uang untuk membeli rumah. 

Apakah strategi tersebut tepat? Kapankah sebenarnya waktu yang tepat untuk membeli rumah?

Waktu yang Tepat untuk Membeli Rumah 

Berikut adalah beberapa poin yang perlu diperhatikan sebelum Anda memutuskan membeli rumah. 

Stabilitas Keuangan 

Membeli rumah adalah keputusan besar yang akan sangat mempengaruhi kondisi keuangan Anda. Tidak hanya pada saat membeli, keuangan juga akan sangat terdampak sebab Anda harus membayar biaya lain-lain seperti notaris, cicilan, membeli perabotan, renovasi, dan masih banyak lagi. 

Oleh karena itu, tak perlu terburu-buru dalam memutuskan membeli rumah. Pastikan kondisi keuangan Anda sudah stabil sehingga tidak ada kebutuhan lain yang dikorbankan ketika membayar cicilan dan biaya tak terduga lainnya. 

Ketika Suku Bunga Rendah 

Kapan waktu yang tepat untuk membeli rumah? Anda bisa melihat suku bunga di bank sebagai salah satu acuan juga. Suku bunga adalah faktor penting dalam pembelian rumah dengan menggunakan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Jika suku bunga sedang rendah, maka ini bisa menjadi waktu yang tepat untuk membeli rumah dengan menggunakan KPR. Dengan suku bunga yang rendah, cicilan KPR yang harus dibayar juga akan lebih rendah.

Ketika Sudah Menemukan Rumah yang Sesuai 

Karena rumah lazimnya akan ditempati dalam jangka waktu yang lama atau bahkan selamanya, Anda juga harus memastikan rumah yang akan dibeli sudah benar-benar cocok. Kecocokan perlu dilihat dari segi kualitas bangunan, lokasi, akses, hingga fasilitas umum yang ada di sekitar rumah. 

Luangkan waktu untuk melakukan survey dan membandingkan rumah satu dengan lainnya. Hindari membeli rumah dengan terburu-buru sebelum Anda yakin betul dengan kondisi rumah yang akan dipilih.

Memilih Rumah Subsidi 

Bagi Anda yang memiliki penghasilan 8 juta atau lebih rendah setiap bulannya, rumah subsidi bisa menjadi pilihan hunian yang tepat. Rumah subsidi adalah program pemerintah yang bertujuan mempermudah masyarakat menengah ke bawah untuk memiliki hunian. Rumah tersebut bisa dimiliki dengan skema KPR.

Keuntungan Membeli Rumah Subsidi 

Beberapa Keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari membeli rumah subsidi adalah:

Syarat Mudah 

Syarat untuk bisa memiliki rumah subsidi cukup mudah. Rumah ini bisa dimiliki oleh WNI yang sudah berusia 21 tahun atau sudah menikah, memiliki NPWP, dan sudah bekerja minimal 1 tahun lamanya dengan penghasilan tidak lebih dari juta 8 setiap bulan.

DP Rendah 

Sebagai program yang ditargetkan untuk kelompok ekonomi menangah ke bawah, uang muka atau DP rumah subsidi sudah pasti lebih rendah. Bahkan dengan DP kurang dari 10 juta saja pembeli sudah bisa menerima kunci. 

Cicilan Lebih Murah 

Dengan kualitas yang cukup baik, harga rumah subsidi jauh lebih murah dibandingkan rumah sejenis non subsidi. Hal ini tentu akan sangat membantu bagi masyarakat menengah ke bawah. Cicilan rumah subsidi juga jauh lebih ringan, sehingga tidak akan terlalu membebani cash flow bulanan.

Membeli Rumah Subsidi dari Ingria Group

Ingria Group adalah salah satu developer rumah subsidi yang sudah memiliki perumahan subsidi di banyak lokasi strategis seperti Bekasi, Bandung, Sumedang, Tangerang, hingga Samarinda. Ingria Group selalu mengutamakan kualitas agar semakin banyak masyarakat yang dapat memiliki rumah dengan harga terjangkau namun tetap berkualitas. 

Masyarakat yang berminat untuk membeli rumah subsidi dapat mengakses website Ingria https://ingriagroup.com/ dan laman media sosial Ingria Group untuk menemukan pilihan rumah dan penawaran terbaik. 

Baca Artikel Lainnya