Ingria Pratama Capitalindo

Skema cessie adalah opsi yang menarik bagi banyak orang yang ingin membeli rumah. Di artikel ini, kita akan membahas bagaimana skema cessie dapat digunakan untuk membeli rumah, serta kelebihan dan kekurangan dari pendekatan ini.

Apa Itu Skema Cessie

Bagi yang belum familiar dengan istilah ini, skema cessie adalah perjanjian di mana pemberi utang mentransfer hak tagih dari piutang-piutangnya kepada pihak lain, yang dikenal sebagai penerima cessie. 

Dalam hal pembelian rumah, Anda akan membeli rumah yang pembayaran kreditnya sudah berjalan selama beberapa saat namun macet di tengah jalan, sebuah skema yang mirip dengan over kredit. 

Anda hanya perlu membayar sisa hutang dari pemilik rumah sebelumnya kepada bank. Setelah itu Anda akan mendapatkan sertifikat cessie untuk menyelesaikan urusan lainnya dengan pemilik sebelumnya. 

Skema Cessie untuk Membeli Rumah: Bagaimana Caranya?

Pada dasarnya, skema cessie dapat menjadi pilihan untuk membeli rumah, termasuk rumah subsidi dengan harga yang lebih murah. Kesepakatan dengan bank akan selesai lebih cepat begitu Anda melunasi sisa utang dari pemilik sebelumnya. 

Anda hanya perlu melunasi sisa utang kreditur rumah sebelumnya kepada bank. Setelah itu Anda akan mendapatkan sertifikat cessie dan juga sertifikat rumah. Namun sertifikat rumah yang didapat masih atas nama pemilik lama. 

Anda perlu melakukan negosiasi dengan pemilik lama agar bisa segera menempati rumah dan mengubah nama di dalam sertifikat menjadi nama Anda. Negosiasi tersebut berada di luar campur tangan pihak bank, sehingga jauh lebih fleksibel. 

Kelebihan Menggunakan Skema Cessie untuk Membeli Rumah

Proses Dengan Pihak Bank Lebih Cepat

Salah satu keuntungan utama menggunakan skema cessie adalah Anda dapat menyelsaikan urusan dengan pihak bank dengan lebih cepat.. Jika Anda memenuhi syarat sebagai penerima cessie, Anda dapat segera mendapatkan sertifikat dan berkas pendukung lainnya untuk bernegosiasi dengan pemilik lama..

Alternatif untuk yang Tidak Memenuhi Syarat Pinjaman Bank

Bagi mereka yang memiliki riwayat kredit yang buruk atau kurang memenuhi syarat untuk pinjaman bank tradisional, skema cessie dapat menjadi alternatif yang menarik. Karena dalam perjanjian ini keterlibatan bank tidak terlalu banyak sehingga proses negosiasi akan lebih fleksibel.

Potensi Mendapatkan Harga Properti yang Lebih Rendah

Rumah yang dijual kembali dengan skema cessie cenderung mengalami penurunan harga. Apalagi jika Anda memiliki kemampuan negosiasi yang tinggi. Anda bisa mendapatkan harga rumah di bawah pasaran dari pemilik sebelumnya. 

Kekurangan Menggunakan Skema Cessie untuk Membeli Rumah

Potensi Konflik dengan Pemilik Lama

Bagaimanapun pemilik lama sudah mengeluarkan cukup banyak uang untuk berusaha melunasi rumah yang ia beli, walaupun akhirnya gagal. Oleh karena itu pasti ada proses negosiasi yang tidak mudah karena pihak tersebut tak mau mengalami kerugian. 

Jika Anda tak terbiasa dengan proses negosiasi seperti ini, besar kemungkinan akan terjadi konflik. Anda perlu mempersiapkan strategi yang tepat akan proses ini tidak terlalu banyak membuang waktu mengingat Anda juga sudah membayar sejumlah uang kepada pihak bank.

Risiko Mendapat Properti dengan Kondisi yang Kurang Prima

Sebagai pembeli rumah, Anda harus melakukan penyelidikan lebih mendalam tentang properti yang akan Anda beli jika menggunakan skema cessie. Beberapa properti mungkin memiliki masalah hukum atau kondisi yang kurang baik, dan Anda perlu memastikan bahwa Anda tidak menanggung risiko yang tidak perlu.

Keamanan dan Kepastian Hukum

Skema cessie melibatkan perjanjian tanpa campur tangan bank, sehingga keamanan dan kepastian hukum perlu mendapat perhatian lebih. Penting untuk menggandeng pihak profesional, seperti pengacara atau notaris, untuk memastikan semua aspek hukum telah ditangani dengan baik dan melindungi hak dan kewajiban Anda sebagai pembeli rumah.

Kesimpulan

Sekilas skema cessie memang tampak menggiurkan karena hanya dengan membayar uang yang tak terlalu besar nominalnya Anda sudah bisa mengantongi sertifikat rumah. Namun di baliknya akan ada proses yang panjang tanpa pihak bank mau ikut campur. 

Bagi Anda yang memiliki budget terbatas, pemerintah telah mempersiapkan solusi yang lebih baik dan jauh lebih aman. Solusi tersebut adalah rumah subsidi seperti yang dikelola oleh Ingria Group. Temukan hunian terjangkau dengan proses pembelian yang jauh lebih mudah bersama Ingria Group!

Baca Artikel Lainnya